Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Geologi dan Topografi Kepulauan Selayar (2)

 Geologi dan Topografi Selayar (2), Mengenal Penduduk Selayar dan Bahasanya, Mengenal Penduduk Selayar Dan Bahasanya, Mengenal Nama Selayar (2), sejarah selayar, nusa selayar, sejarah nusa selayar, sejarah pemerintahan selayar, selayar, selaijer, salaiyer, salaijer.

DI bagian punggungnya terdapat hutan tutupan dan di lerengnya terdapat perkebunan tanaman pohon kerea yang berakar panjang serta berumur panjang. Untuk mengembangkan tanaman dengan pohon lunak, seperti; vanili, merica, kentang, kol, dan lain-lain diperlukan sengkedan untuk mencegah erosi dan longsor; 

Daerah curam, aspek geografisnya adalah kawasan hutan (hutan tutupan) untuk mencegah longsor.

Daratan tinggi, aspek geografisnya adalah, 1) baik untuk pemukiman karena udara sejuk dan drainasenya mudah diatur dan tidak tergenang. Perkebunan bagi tanaman budidaya yang memerlukan udara sejuk, seperti cengkeh, jagung, dan lain-lain, 2) Horti kultura, seperti sayur mayur, kentang bunga-bunga dan bonsai, 3) Pusat-pusat kesehatan seperti sanatorium, 4) Pusat-pusat pelatihan, kantor-kantor, hotel-hotel, tempat rekreasi dan lain-lain.

Daerah-daerah ledok dan lembah, aspek geografisnya adalah, 1) Tempat akumulasi/persedian air untuk daerah sekitarnya. Dengan pompanisasi dapat dialirkan ke daerah-daerah ketinggian, 2) Daerah pertanian tanaman pangan, seperti sayur mayur kangkung, bayam jagung lokal, kaca-kacangan dan lain-lain.

Tanah daratan rendah, aspek geografisnya adalah, 1) Untuk perkebunan, seperti kelapa dan coklat, dan 2) Untuk pertanian menetap, seperti sawah dan huma.

Tanah rawa-rawa, aspek geografisnya adalah, 1) Kawasan pohon nipa, tempat ikan tempat bertelur, bahan baku gula merah dan atap tradisional yang indah dan sejuk, 2) Empang dan pembuatan garam, 3) Kawasan bakau, tempat ikan bertelur dan berlindung, serta mencegah abrasi.

Daerah berbukit-bukit dan tanah bergelombang, aspek geografisnya adalah, 1) Baik untuk pemukiman, sebab udara sejuk, drainasenya mudah diatur, diwaktu malam tampak indah bagai pelaut yang menuju ke Selayar, 2) Perkebunan, tanaman budi daya seperti cengkih, coklat dan kelapa, 3) Pertanian tanaman pangan seperti jagung dan padi, tetapi harus bertaras supaya tidak terjadi erosi.

Daerah Aliran Sungai (DAS), aspek geografis satu-satunya adalah kawasan hutan hidrologi (hutan tata air).

Daerah berbatu-batu, terdapat di bagian utara, aspek geografisnya berupa hutan tutupan. Lahan ini sangat cocok untuk hutan produksi, seperti jati dan holasa (kayu bitti), tetapi pemanfaatannya harus dilakukan dengan pola tebang-pilih dan tebang-ganti. Lahan ini juga cocok untuk tanaman rerumputan sebagai pakan ternak. (2/2)

Sebelumnya.... Geologi dan Topografi Kepulauan Selayar (1)

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Kepulauan_Selayar, diakses tanggal 9 April 2022.