Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Situs di Kabupaten Kepulauan Selayar

Situs cagar budaya Selayar, Daftar Situs cagar budaya Selayar, Daftar Situs di Kabupaten Kepulauan Selayar, Apa arti dari Selayar? Selayar penghasil apa?, Berapa jam perjalanan dari Makassar ke Selayar? Selayar itu di mana? Berapa jumlah penduduk di Selayar? Produk-Produk Pertanian di Selayar hingga 1947, Pertanian Bahan Pangan di Selayar Masa Penjajahan, Rumah Tahanan Masa Belanda di Selayar, Jejak Jembatan di Selayar hingga 1947, Daftar Distrik di Afdeeling Selayar Masa Belanda 1906, Gedung Tahanan Sementara Selayar: Bangunan Peninggalan Belanda yang Terbengkalai, Sistem Kekerabatan Masyarakat Selayar, Haji Hayyung; Masa Pencarian Ilmu Islam di Makkah, Kehidupan Masa Kanak-Kanak Haji Hayyung, Latar Belakang Keluarga Haji Hayyung, Pelapisan masyarakat selayar, Pemerintahan Adat Selayar Masa pendudukan Belanda, Kepercayaan Masyarakat Selayar Pra-Islam, Geologi dan Topografi Selayar, Mengenal Penduduk Selayar dan Bahasanya, Mengenal Nama Selayar, sejarah selayar, nusa selayar, sejarah nusa selayar, sejarah pemerintahan selayar, salajara, selajar, salajar, saleier, saleijer, salaiyer, salaijer, kepulauan selayar, kabupaten kepulauan selayar, K.H. Hayyung, Haji Hayyung, Aroepala, Masyarakat Selayar Memeluk Islam Berdasarkan Lontaraq Sultan Pangali Patta Raja, Pengabaran Injil di Selayar
Foto Nekara, Makam We Tenti Dio dan Meriam di Selayar

SELAYAR.ARUNGSEJARAH.COM - Daftar Situs di Kabupaten Kepulauan Selayar.

DALAM Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), situs adalah daerah temuan benda-benda purbakala atau tempat yang tersedia untuk lambang suatu inskripsi. Situs adalah lokasi suatu kejadian, struktur, objek, atau hal lain, baik aktual, virtual, lampau, atau direncanakan.

Hingga saat ini, tidak banyak yang mengetahui situs-situs apa saja yang ada di wilayah Sulawesi Selatan yang kemudian menjadi cagar budaya yang harus dijaga keberadaanya.

Padahal dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya menyebutkan bahwa cagar budaya merupakan kekayaan budaya bangsa sebagai wujud pemikiran dan perilaku kehidupan manusia yang penting artinya bagi pemahaman dan pengembangan sejarah, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sehingga perlu dilestarikan dan dikelola secara tepat melalui upaya pelindungan, pengembangan, dan pemanfaatan dalam rangka memajukan kebudayaan nasional untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya, disebutkan bahwa Cagar Budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan.

Lalu apa saja situs yang ada di Sulawesi Selatan yang berhasil ditemukan hingga saat ini? 

Berdasarkan Daftar Situs Sulawesi Selatan - Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan (kemdikbud.go.id) yang diakses 27 Juli 2023, berikut 21 daftar situs yang masuk dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan:

Nekara Perunggu Selayar

Kompleks Makam Silolo Selayar

Kompleks Makam Opu Dg.Massese Selayar

Kompleks Makam Bonelohe Selayar

Kompleks Makam Batangmata Selayar

Masjid Tua Saluk Selayar

Situs Batang mata Selayar

Kalotoa Selayar

Taka Batu Selayar

Pasilayaran Selayar

Situs Bonto Sikuyu Selayar

Karompa Selayar

Rumah Adat Batangmata Selayar

Benteng Buki Selayar

Benteng Bontobangun Selayar

Jangkar Selayar Selayar

Kompleks Perkampungan Tua Gantarang Selayar

Rumah Jabatan Bupati Selayar Selayar

Kantor Dinas Pariwisata Selayar Selayar

Gedung Lembaga Pemasyarakatan Selayar Selayar

Kompleks Makam We Tenri Dio Selayar


* Artikel ini telah di muat di Inilah Daftar Situs di Wilayah Sulawesi Selatan (1) (arungsejarah.com)