Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Letak Geografis Kepulauan Selayar (1)

Letak Geografis Kepulauan Selayar (1), Geologi dan Topografi Selayar (1), Mengenal Penduduk Selayar dan Bahasanya (3), Mengenal Penduduk Selayar Dan Bahasanya (1), Mengenal Nama Selayar (2), sejarah selayar, nusa selayar, sejarah nusa selayar, sejarah pemerintahan selayar, selayar, selaijer, salaiyer, salaijer.

SELAYAR merupakan 1 di antara 24 kabupaten/ kota yang ada di provinsi Sulawesi Selatan. Keseluruhan wilayahnya terpisah dari daratan pulau Sulawesi. 

Pulau Selayar sebagai pulau utamanya berbentuk memanjang, melintang dari utara ke selatan. Dari pelabuhan Bira (Kab. Bulukumba) yang terletak di ujung selatan pulau Sulawesi, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam penyeberangan dengan menggunakan kapal ferry yang biasa digunakan oleh masyarakat selama ini. 

Dengan armada lain, mungkin bisa lebih cepat karena memang jaraknya tidak begitu jauh. Pelayaran dari Bira ke pelabuhan Pamatata (yang terletak di ujung utara pulau Selayar) melewati beberapa pulau kecil, yaitu; pulau Liukang, pulau Bembe, dan pulau Pasi’ Tanete (Desa Menara indah yang masuk dalam wilayah administratif Selayar).

Kabupaten Selayar pada tahun 2008 mengalami perubahan nama menjadi Kabupaten Kepulauan Selayar.  Perubahan nama itu ditetapkan dengan PP. No 59 tahun 2008. Dibanding dengan Kabupaten Pangkep (Pangkajene Kepulauan), Selayar termasuk terlambat menggunakan kata ”kepulauan” untuk menyebut nama kabupatennya. 

Pangkep sendiri, wilayah utamanya masih merupakan bagian dari daratan pulau Sulawesi, beda dengan Selayar yang keseluruhan wilayah daratnya terpisah dari pulau Sulawesi. 

Dengan melihat keadaan tersebut, Selayar sangat layak disebut kepulauan. Dari namanya yang sekarang, sudah menunjukkan bahwa Selayar merupakan daerah dengan wilayah yang terdiri dari gugusan pulau. Terdiri dari satu pulau utama (terbesar), yaitu pulau Selayar, tempat di mana ibukota kabupaten ini berada. 

Secara administratif, Selayar dibagi dalam 11 wilayah kecamatan. Ada 6 kecamatan di wilayah daratan utama, dari utara ke selatan, yaitu; Bontomate’ne, Buki, Bontomanai, Benteng, Bontoharu, dan Bontosikuyu. 

Sementara di wilayah kepulauan terdapat 5 kecamatan, yaitu; Taka Bonerate, Pasi Masunggu, Pasi Masunggu Timur, Pasi Marannu, dan Pasi Lambena (kecamatan terluar yang berbatasan dengan NTT dan dekat dengan wilayah Buton di Sulawesi Tenggara). 

Benteng merupakan kecamatan dengan luas wilayah terkecil, yaitu 24,63 km2 atau 1,82 %. Benteng juga sekaligus menjadi ibukota Kabupaten Kepulauan Selayar. 

Sementara kecamatan yang terluas adalah Bonto Sikuyu, yaitu 248,22 km2 atau 18,29 %. Dari segi jarak, Pasi Lambena merupakan kecamatan terjauh dari ibukota kabupaten, jaraknya mencapai 193 km. Dengan perahu motor-- yang menjadi alat perhubungan utama masyarakat, dibutuhkan waktu sekitar 24 jam. 

Selayar berbatasan langsung dengan beberapa wilayah lainnya, yaitu; di bagian utara berbatasan dengan Kabupaten Bulukumba dan Teluk Bone, di bagian selatan berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur, di bagian barat berbatasan dengan Laut Flores dan Selat Makassar, dan di bagian timur berbatasan dengan Laut Flores (Provinsi Nusa Tenggara Timur).

Karena Selayar merupakan wilayah kepulauan, maka keseluruhan wilayah perbatasannya dengan daerah lain adalah laut. Secara astronomis, Selayar terletak antara 5°42’ - 7°35’ Lintang Selatan dan 120°15’ - 122°30’ Bujur Timur. Secara keseluruhan, Selayar memiliki luas wilayah yang mencapai 10.503,69 km2. 

Dari keseluruhan luasan tersebut, luas daratannya hanya mencapai 1.357,03 km2, atau 12,91 %. Sementara luas wilayah lautnya mencapai 9.146,66 km2, atau 87,08 %, yang diukur 3 mil keluar pada saat air surut terendah terhadap pulau-pulau terluar. (1/2)

Bersambung.... Letak Geografis Kepulauan Selayar (2)

Sumber: 1) Kabupaten Kepulauan Selayar dalam Angka tahun 2022, diterbitkan oleh BPS Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2022. 2) sulselpro.go.id, dibuka 9 April 2022. 3) sulselprov.go.id, dibuka tanggal 9 April 2022.