Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latar Politik dan Sejarah Pemerintahan Selayar Dari Masa Ke Masa: Pendahuluan

SELAYAR.ARUNGSEJARAH.COM - Latar Politik Dan Sejarah Pemerintahan Selayar Dari Masa Ke Masa: Pendahuluan, Apa arti dari Selayar? Selayar penghasil apa?, Berapa jam perjalanan dari Makassar ke Selayar? Selayar itu di mana? Berapa jumlah penduduk di Selayar? Produk-Produk Pertanian di Selayar hingga 1947, Pertanian Bahan Pangan di Selayar Masa Penjajahan, Rumah Tahanan Masa Belanda di Selayar, Jejak Jembatan di Selayar hingga 1947, Daftar Distrik di Afdeeling Selayar Masa Belanda 1906, Gedung Tahanan Sementara Selayar: Bangunan Peninggalan Belanda yang Terbengkalai, Sistem Kekerabatan Masyarakat Selayar, Haji Hayyung; Masa Pencarian Ilmu Islam di Makkah, Kehidupan Masa Kanak-Kanak Haji Hayyung, Latar Belakang Keluarga Haji Hayyung, Pelapisan masyarakat selayar, Pemerintahan Adat Selayar Masa pendudukan Belanda, Kepercayaan Masyarakat Selayar Pra-Islam, Geologi dan Topografi Selayar, Mengenal Penduduk Selayar dan Bahasanya, Mengenal Nama Selayar, sejarah selayar, nusa selayar, sejarah nusa selayar, sejarah pemerintahan selayar, salajara, selajar, salajar, saleier, saleijer, salaiyer, salaijer, kepulauan selayar, kabupaten kepulauan selayar, K.H. Hayyung, Haji Hayyung, Aroepala, Masyarakat Selayar Memeluk Islam Berdasarkan Lontaraq Sultan Pangali Patta Raja, Pengabaran Injil di Selayar
DR. Edward L Poelinggomang
SELAYAR.ARUNGSEJARAH.COM - Latar Politik Dan Sejarah Pemerintahan Selayar Dari Masa Ke Masa: Pendahuluan.

Pendahuluan 

STUDI yang pernah dilakukan menyangkut masa lampau selayar pada umumnya belum menghasilkan fakta yang kuat (hard fact) tentang awal kehadiran Selayar sebagai satu kesatuan politik. 

Menurut Engelhard (1884b: 398) hal itu disebabkan kurang sumber tertulis yang memuat sejarah Selayar dan juga tradisi lisan tentang asal mula sejarah daerah ini sangat sedikit dan  sumber itu juga masih menyulitkan pemahaman dan bahkan menyesatkan. 

Selain itu sumber tertulis yang penting konon terbakar, dan sejumlah manuskrip yang masih tersimpan sulit diperoleh.

Kenyataan itu menyebabkan masa lampau daerah ini masih hanya menyajikan fakta lunak (soft fact). Itulah sebabnya muncul sejumlah pernyataan yang bersifat perkiraan, antara lain: “sekitar tahun 1500 Selayar tampaknya merupakan kerajaan vassal Bone”. 

Selain itu juga diperkirakan bahwa antara tahun 1512-1675, Selayar berada dalam pengawasan Kerajaan Gowa. Sementara kehadiran Sultan Ternate, Baab-Ullah, pada tahun 1580 dicatat bahwa daerah itu ditaklukkannya, namun karena menurut pihak Selayar sendiri menyatakan bahwa negerinya berada dalam pengawasan Kerajaan Gowa maka Sultan Ternate ke Gowa. 

Di Somba Opu dicapai kesepakatan antara Sultan Ternate dan Sombaiya ri Gowa bahwa Selayar merupakan daerah pengaruh Kerajaan Gowa (Heersink, 1995:42).

Meskipun demikian kita tidak sepatutnya mengabaikan atau memarginalisasikan Selayar dalam panggung sejarah. 

Karena jauh sebelum Bandar niaga Makassar tampil memainkan peranan penting dalam percaturan ekonomi di kawasan Asia Tenggara, Selayar telah tampil sebagai daerah strategic dalam perdagangan maritime, sebagai negeri yang berada pada jalur pelayar utara-selatan (Cina ke Nusa Cendana) dan jalur barat-timur (Malaka ke Nusa rempah). 

Itulah sebabnya Kerajaan Luwu, Ternate, Gowa, Majapahit pernah menaruh perhatian pada daerah itu. Kenyataan itu pasti memberikan secercah cahaya untuk menerangi kegelapan sejarah daerah ini. Atas dasar itu periode awal kesejarahan daerah ini akan ditelusuri dan diungkapkan secara singkat.

Bersambung.... Latar Politik dan Sejarah Pemerintahan Selayar Dari Masa Ke Masa: Perkembangan Awal Pemerintahan - Arung Selayar (arungsejarah.com)

****

DR. Edward L PoelinggomangStaf pengajar pada Jurusan Ilmu Sejarah pada Fakultas Sastra Universitas Hasanuddin, Makassar.