Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Penduduk Selayar dan Bahasanya (1)

Mengenal Nama Selayar, Mengenal Penduduk Selayar dan Bahasanya, Apa arti dari Selayar? Selayar penghasil apa?, Berapa jam perjalanan dari Makassar ke Selayar? Selayar itu di mana? Berapa jumlah penduduk di Selayar? Produk-Produk Pertanian di Selayar hingga 1947, Pertanian Bahan Pangan di Selayar Masa Penjajahan, Rumah Tahanan Masa Belanda di Selayar, Jejak Jembatan di Selayar hingga 1947, Daftar Distrik di Afdeeling Selayar Masa Belanda 1906, Gedung Tahanan Sementara Selayar: Bangunan Peninggalan Belanda yang Terbengkalai, Sistem Kekerabatan Masyarakat Selayar, Haji Hayyung; Masa Pencarian Ilmu Islam di Makkah, Kehidupan Masa Kanak-Kanak Haji Hayyung, Latar Belakang Keluarga Haji Hayyung, Pelapisan masyarakat selayar, Pemerintahan Adat Selayar Masa pendudukan Belanda, Kepercayaan Masyarakat Selayar Pra-Islam, Geologi dan Topografi Selayar, Mengenal Penduduk Selayar dan Bahasanya, Mengenal Nama Selayar, sejarah selayar, nusa selayar, sejarah nusa selayar, sejarah pemerintahan selayar, salajara, selajar, salajar, saleier, saleijer, salaiyer, salaijer, kepulauan selayar, kabupaten kepulauan selayar, K.H. Hayyung, Haji Hayyung, Aroepala, Masyarakat Selayar Memeluk Islam Berdasarkan Lontaraq Sultan Pangali Patta Raja, Pengabaran Injil di Selayar

SELAYAR.ARUNGSEJARAH.COM - Mengenal Penduduk Selayar dan Bahasanya (2).

BERDASARKAN hasil sensus penduduk tahun 2021, jumlah penduduk Kabupaten Kepulauan Selayar sebanyak 137.974 jiwa. Penduduk terbanyak terdapat di kecamatan Benteng, yaitu 25.096 jiwa. Meski merupakan kecamatan dengan luas wilayah terkecil, tetapi jumlah penduduknya adalah yang terbanyak. 

Hal ini disebabkan karena Benteng juga merupakan ibukota kabupaten, sehingga kecamatan ini menjadi pusat kegiatan pemerintahan di tingkat kabupaten, dan pusat kegiatan perniagaan. Sementara jumlah penduduk terkecil terdapat di Kecamatan Buki, jumlahnya 6.773 jiwa. Kecamatan ini merupakan pemekaran dari Kecamatan Bonto Mate’ne—yang ada di sisi utaranya.

Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, masyarakat bekerja dalam berbagai bidang kehidupan. Ada yang bekerja di lingkup pemerintahan daerah sebagai; ASN, tenaga kontrak, dan tenaga honorer. Mereka yang berkedudukan sebagai tenaga kontrak dan honorer jumlahnya cukup banyak, sehingga terlihat ada ketidak-keseimbangan antara beban kerja dan jumlah tenaga kerja di pemda. 

Selain di lingkup pemda ada juga yang bekerja sebagai ASN, tenaga kontrak, dan tenaga honorer di lingkup instansi pemerintah yang bersifat vertikal, seperti Kementerian Kelautan Perikanan, Kementerian Agama, Badan Pusat Statistik, dan lain-lain. Ada juga yang bekerja sebagai anggota Polri dan TNI.

Banyak juga di antara masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada bidang; pertanian, perikanan, perniagaan, jasa, dan buruh. Pertanian dan perikanan merupakan yang paling banyak digeluti oleh masyarakat. Bahkan tidak jarang di antara masyarakat yang merangkap beberapa pekerjaan untuk sekedar menyambung hidup, atau meningkatkan kesejahteraan. 

Tingginya jumlah tenaga kontrak dan honorer di pemerintahan menunjukkan bahwa masyarakat masih cenderung berpikir untuk menjadi ASN. Pekerjaan sebagai ASN dipandang sebagai pekerjaan yang menjanjikan kenyamanan dan keamanan hidup hingga hari tua—karena ada gaji pensiunnya. 

Bahkan orang tua yang sudah hidup cukup atau bahkan mapan tanpa menjadi ASN, juga masih berpikir agar anaknya bisa jadi ASN. Pekerjaan di luar ASN seolah menjadi pelarian setelah gagal mendapatkan peluang menjadi ASN.

Penduduk utama Selayar adalah masyarakat suku Selayar (merupakan bagian dari suku Makassar). Jati diri utama dari sebuah suku adalah bahasanya. Suku seseorang dapat dikenali dengan mudah dari bahasa yang mereka tuturkan. Dalam pergaulan, suku Selayar menggunakan bahasa Selayar  sebagai alat perhubungan antara satu dengan yang lainnya. 

Mereka mendiami sebagian besar pulau Selayar, juga pulau-pulau lainnya, seperti Jampea dan Kalao Toa. Karena jumlah mereka yang lebih banyak, maka penutur bahasa Selayar-pun jumlahnya adalah yang terbanyak. Bahkan banyak orang dari suku lain yang sudah bisa bahkan mahir menggunakan bahasa Selayar di luar bahasa sukunya sendiri. (1/3)

Bersambung.... Mengenal Penduduk Selayar dan Bahasanya (2)

Sumber: Kabupaten Kepulauan Selayar dalam Angka tahun 2022, diterbitkan oleh BPS Kabupaten Kepulauan Selayar tahun 2022, dan buku Selayar dan Pergerakan A.G.H. Hayyung, serta sumber lapangan.