Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kedatangan Datu Ri Bandang di Negeri Salu', Selayar (Seri Lontara' Salu' Selayar) Bagian 1

Kedatangan Datu Ri Bandang di Negeri Salu', Selayar (Seri Lontara' Salu' Selayar), Apa arti dari Selayar? Selayar penghasil apa?, Berapa jam perjalanan dari Makassar ke Selayar? Selayar itu di mana? Berapa jumlah penduduk di Selayar? Produk-Produk Pertanian di Selayar hingga 1947, Pertanian Bahan Pangan di Selayar Masa Penjajahan, Rumah Tahanan Masa Belanda di Selayar, Jejak Jembatan di Selayar hingga 1947, Daftar Distrik di Afdeeling Selayar Masa Belanda 1906, Gedung Tahanan Sementara Selayar: Bangunan Peninggalan Belanda yang Terbengkalai, Sistem Kekerabatan Masyarakat Selayar, Haji Hayyung; Masa Pencarian Ilmu Islam di Makkah, Kehidupan Masa Kanak-Kanak Haji Hayyung, Latar Belakang Keluarga Haji Hayyung, Pelapisan masyarakat selayar, Pemerintahan Adat Selayar Masa pendudukan Belanda, Kepercayaan Masyarakat Selayar Pra-Islam, Geologi dan Topografi Selayar, Mengenal Penduduk Selayar dan Bahasanya, Mengenal Nama Selayar, sejarah selayar, nusa selayar, sejarah nusa selayar, sejarah pemerintahan selayar, salajara, selajar, salajar, saleier, saleijer, salaiyer, salaijer, kepulauan selayar, kabupaten kepulauan selayar, K.H. Hayyung, Haji Hayyung, Aroepala, Masyarakat Selayar Memeluk Islam Berdasarkan Lontaraq Sultan Pangali Patta Raja, Pengabaran Injil di Selayar
SELAYAR.ARUNGSEJARAH.COM - Kedatangan Datu Ri Bandang di Negeri Salu', Selayar (Seri Lontara' Salu' Selayar) Bagian 1.

"DATU Ri Bandang di Negeri Salu'", merupakan kisah yang ditulis di bagian awal Lontara' Salu'. Kisah ini menghubungkan antara Datu Ri Bandang dengan keturunan Nabi Muhammad SAW. Kemudian menghubungkan keberadaan Datu Ri Bandang dengan Kekaraengan Salu'. 

Kisah ini dibagi menjadi 2 bagian. Dan berikut ini adalah kisah bagian pertama:

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM. Iyaminne ampa’nassai pappokokengna kakaraenganga. Kakaraengangang battu ri Allah Ta’ala na ta’leba ri Nabbi Hasim. Ri Nabbi Hasim na ta’lemba ri Nabbi Abadulumunapiku. Ri Abadulumunafiku na ta’leba ri Nabbi Abadulu Mutthalibu. Ri Nabbi Abadul Mutthalibu na ta’leba ri Nabbi Abadullahi. Ri Nabbi Abdullahi na ta’leba ri Nabbi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Ri Nabbi Muhammad na ta’lemba ri Hasang siagang ri Husaini. Ri Hasang Husaini na ta’lemba ri Datu’ Bandang. 

I Datu’ Bandang-mo  nagallara’ Tomakkayya, nikana Tuang Pakkihi Sulaimana areng Ara’na I lau’ ri Makkah, ana’na Hasang Husaini. Na iya battunamo mae ri Mangkasara, na-nigallaramo I Juru Basa Le’leng, nasaba’ la-ta’galami ri to Gowaiya. Kanakana to Gowayya, “iyaminjo lanrinna na nata’galakko to Gowayya ka-ta-ngassengangkang a’basa Balada.” Lanri kammana-minjo na nigallara’mi Juru Basa Le’leng. Punna rajai ri Butung iyami niareng I Jai Gunggu, I Batara Butung areng kalompoanna. 

Le’baki, na ri wattu ammantangnamo ri Mangkasara’-- na a’bainemi ri buttayya ri Mangkasara. Apaji na nganakangmi rua tau, sangnging bura’ne. Sitau nikana, I Demmallaja’, sitau nikana I Demmangunjungi. Na iya I Demmangunjungi tallu ana’na I Bulang, sitau nikana I Ninna’, sitau nikana I Jasi’ sitau nikana I Rasiya. Na iya I Demmallaja’ sitau ana’na, nikana I Sunggu. I Sunggumo nganakang ri Sa’be siagang ri Yangki’. 

Terjemahan:

Bismillahirrahmanirrahim, inilah yang-menjelaskan awal-mula kekaraengan. Kekaraengan berasal dari Allah Ta’ala lalu berpindah ke nabi hasyim. Dari Nabi Hashim berpindah ke Nabi Abdul Munafik. Dari Nabi Abdul Munafik berpindah ke Nabi Abdul Mutthalib. Dari Nabi Abdul Mutthalib berpindah ke Nabi Abdullah. Dari Nabi Abdullah berpindah ke Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wa Sallam. Dari Nabi Muhammad berpindah ke Hasan dan Husain. Dari Hasan dan Husain berpindah ke Datu Bandang. 

I Datu Bandang-lah yang digelar To Makkayya, disebut Tuan Pakkihi Sulaimana nama Arabnya di sana  di Mekah, anaknya Hasan-Husain. Dan tibanya-dia di sini  di Makassar, dan digelarilah I Juru Basa Le’leng , disebabkan dia sudah-dipegang lah (oleh) orang-orang Gowa. Karena-dikatakan (oleh) orang-orang Gowa, “Itulah sebabnya ditahan-engkau (tinggal) di Gowa karena-tidak-mengerti-kami bahasa Belanda”. Karena seperti itulah, dan digelarilah I Juru Basa Le’leng. Kalau di  sana  di Buton, dialah yang dinamai I Jai Gunggu, I Batara Butung nama kebesarannya. 

Kemudian, di waktu tinggalnya di Makassar—beristrilah di negeri Makassar. Apa hal , dan beranakanlah (dia) dua orang, semuanya laki-laki. Seorang disebut Demmalaja’, seorang disebut I Demmangunjungi. Dan-dia I Demmangunjungi tiga anaknya I Bulang, seorang disebut I Ninna’, seorang disebut I Jasi’, seorang disebut I Rasiya. Dan-dia I Demmallaja’ hanya seorang anaknya, disebut I Sunggu. I Sunggu-lah beranakkan Sa’be bersama Yangki’. (1/2)

Catatan:

lau' = dalam navigasi Selayar menunjukkan arah barat. Mekah dianggap berada di arah barat dari pulau Selayar. Dalam bahasa Indonesia bisa disepadankan dengan kata “sana”, meski kata itu tidak menunjukkan arah yang tetap seperti kata “lau'” dalam bahasa Selayar.

mae = sini; battu-mae = datang “ke” sini, tiba “di” sini.

i juru basa le’leng = Si Juru Bahasa Hitam; arti dari nama gelar yang diberikan kepada Datu Bandang.

la-ta’gala’mi = dipeganglah; dari kata ta’gala’ (pegang) yang berarti dimiliki/ ditahan/ dikuasai. Awalan “la” pada kata ini berarti “di” (menunjukkan kata kerja pasif).

i = kalau diikuti oleh nama berarti “si”, misalnya; I Juru Basa Le’leng (Si Juru Bahasa Hitam). Tapi kalau diikuti kata keterangan (waktu atau tempat) berarti “di”, misalnya; ri Butung (di Butung).

raja = dalam navigasi Selayar menunjukkan arah timur. Buton oleh orang Selayar dianggap berada di arah timur dari pulau Selayar. Kata ini disepadankan dengan kata “sana”, meski kata itu tidak menunjukkan arah yang tetap seperti kata “raja” dalam bahasa Selayar.

apaji = apa hal, al hasil. Dari kata “apa” yang sama artinya dengan kata “apa” dalam bahasa Indonesia. Apaji merupakan ungkapan yang menunjukkan/ menggambarkan peristiwa yang terjadi kemudian sebagai akibat/ kelanjutan dari peristiwa sebelumnya.