Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

I Opu Bembeng Opu Ri Salu' dan Keturunannya (Seri Lontara' Salu' Selayar) Bagian 2

SELAYAR.ARUNGSEJARAH.COM - I Opu Bembeng Opu Ri Salu' Dan Keturunannya (Seri Lontara' Salu' Selayar), Apa arti dari Selayar? Selayar penghasil apa?, Berapa jam perjalanan dari Makassar ke Selayar? Selayar itu di mana? Berapa jumlah penduduk di Selayar? Produk-Produk Pertanian di Selayar hingga 1947, Pertanian Bahan Pangan di Selayar Masa Penjajahan, Rumah Tahanan Masa Belanda di Selayar, Jejak Jembatan di Selayar hingga 1947, Daftar Distrik di Afdeeling Selayar Masa Belanda 1906, Gedung Tahanan Sementara Selayar: Bangunan Peninggalan Belanda yang Terbengkalai, Sistem Kekerabatan Masyarakat Selayar, Haji Hayyung; Masa Pencarian Ilmu Islam di Makkah, Kehidupan Masa Kanak-Kanak Haji Hayyung, Latar Belakang Keluarga Haji Hayyung, Pelapisan masyarakat selayar, Pemerintahan Adat Selayar Masa pendudukan Belanda, Kepercayaan Masyarakat Selayar Pra-Islam, Geologi dan Topografi Selayar, Mengenal Penduduk Selayar dan Bahasanya, Mengenal Nama Selayar, sejarah selayar, nusa selayar, sejarah nusa selayar, sejarah pemerintahan selayar, salajara, selajar, salajar, saleier, saleijer, salaiyer, salaijer, kepulauan selayar, kabupaten kepulauan selayar, K.H. Hayyung, Haji Hayyung, Aroepala, Masyarakat Selayar Memeluk Islam Berdasarkan Lontaraq Sultan Pangali Patta Raja, Pengabaran Injil di Selayar
Naskah Lontara' Salu' Selayar

SELAYAR.ARUNGSEJARAH.COM - I Opu Bembeng Opu Ri Salu' dan Keturunannya (Seri Lontara' Salu' Selayar) Bagian 2.

"I OPU Bembeng-- Opu Ri Salu' Dan Keturunannya", kisah dalam Lontara' Salu' ini berkisah tentang I Opu Bembeng yang tinggal sendiri di Salu' setelah perselisihannya dengan kedua saudaranya yang lain, yaitu I Opuna I Kahi' dan Opu Mallala. Dialah kemudian yang menjadi raja. Begitu juga dengan keturunannya, dan menyebar ke berbagai wilayah. Kisah ini dibagi menjadi 3 bagian, dan berikut adalah bagian keduanya: 

LE’BAKI, anta’lemi-mae ri silajara. Na ri bokoangna, Opu Dengma’ruppa-mo mana’ ri Opu Daengma’bajara. I Opu Dengma’bajara-mo anganakang ri Dengniasi, siagang Dengmangunjungi, siagang ri Dengmangatta, siagang ri Dengsikontu, siagang ri Dengpatanna, siagang ri Dengnipuji. 

Na ri bokoanna, I Dengsitaba-mo nganakang ri Dengmassese siagang ri Dajaiti. Na ri bokoanna, I Dengsitaba-mo nganakang ri Dengmangago, siagang ri Dengmanggappa, siagang ri Kaliba, siagang ri Taniapa, siagang ri Ja’biya, siagang ri Dasinde. 

Na ri bokoanna pole, I Dengsitaba mo nganakang ri Dengmanjarreki-- tallui siana’. Na antu I Dengsitaba limai siana’; I Dengpa’ja, I Dengtasa’di, I Dengmaruppa. 

Na ri bokoanna, I Opu Bembeng-mo anganakangi I Bissu angng-ata-i ri To Bantalang, ri Bantalang, ri Dabantalang, ri To Sesse, ri Dasesse’, ri Marudeng. Iyami antu tau sikammaya palahara bawinna I Opu Bembeng. Limai palahara’na. Tattannangi koronna, tallena, sanru’na, serungna, berang, mejanna, taringna. Tattannang ngasengi pareha pallaharanna ri dallekang balla’na I To Bantalang, I Dabantalang, I To Sese’, I Dasesse, I Marudeng. 

Battu ngasengmi sossoranna I Opu Bembeng iya ngasengna. Sossoranna ngasengi tulusu naungmae. 

I Kiddimo assialle I Opu Dengma’bajara. Iyami a’gau’ ri Salu’. Iyami ammari ri Bontona Salu’. Iyamninjo assuro pare’ sapo tujung latta’. Iyaminjo sapo lohe ri Salu’. Na ri bokoanna nai’mi ri Batangmata la-erang gaukanna. Iyami ’gau’ ri…….

Terjemahan:

Setelahnya, menyeberanglah-ke-sini di Selayar. Dan kemudian, Opu Dengmaruppa-lah (yang) beranakkan Opu Dengma’bajara. I Opu Dengma’bajara-lah beranakkan Dengniasi, bersama Dengmangunjungi, bersama Dengmangatta, bersama Dengsikontu, bersama Dengpatanna, bersama di Dengnipuji.

Dan kemudian, I Dengsitaba-lah beranakkan Dengmassese bersama Dajaiti. Dan kemudian, I Dengsitaba-lah beranakkan Dengmangago, bersama Dengmanggappa, bersama Kaliba, bersama Taniapa, bersama Ja’biya, bersama Dasinde.

Dan kemudian lagi, I Dengsitaba-lah beranakkan Dengmanjarreki—tiga-dia bersaudara. Dan itu I Dengsitaba, lima bersaudara ; I Dengpa’ja, I Dengtasa’di, I Dengmaruppa.

Dan kemudian, I Opu Bembeng-lah beranakkan I Bissu (yang) memperhamba (bagi orang) di To Bantalang, di Bantalang, di Dabantalang, di To Sesse, di Dasesse’, di Marudeng. Mereka itu semuanya (adalah) palahara  babinya I Opu Bembeng. (ada) lima palahara’-nya. Terpasanglah pancinya, talle -nya, sanru’ -nya, serung -nya, parang, meja-nya, tungkunya. Terpasang semuanya peralatan pallaharanna  di depan rumahnya I To Bantalang, I Dabantalang, I To Sese’, I Dasesse, I Marudeng.

Datang semualah pengikutnya I Opu Bembeng-- semuanya. Pengikutnya semua (mulai dari kampung bagian atas) terus turun-ke-sini.

I Kiddi-lah kawin dengan Opu Dengma’bajara, dialah berkuasa di Salu’. Dialah tinggal di Bontona Salu’. Dia-itulah (yang) menyuruh membuat rumah tujuh undak (lantainya). Itulah sapo lohe di Salu’. Dan kemudian, naiklah ke Batangmata dia-bawa regalianya. Dialah berkuasa di ……. (2/3)

Catatan:

limai sianak = 5 (lima) bersaudara; hanya disebut 3 saudaranya yang lain, kurang 1 orang.

palahara = tukang-lahara; dari kata lahara (jenis panganan orang Selayar). Dan orang yang membuatnya di sebut palahara. Awalan “pa” dari sebuah kata kerja dan benda menunjukkan orangnya.

talle = nampan berbentuk lingkaran, permukaan datar, dengan sisi yang agak tinggi. Ada juga nampan yang sejenis dengan sisi yang lebih rendah, disebut dulang.

sanru’ = alat untuk mengambil panganan berkuah (sayur, dll.), bagian ujungnya berbentuk mangkok yang dibuat dari bahan tempurung kelapa, dan diberi tangkai sepanjang ujung tangan ke siku (bisa dibuat sesuai kebutuhan). Tangkainya terbuat dari bahan kayu atau bambu.

serung = alat untuk mengaduk nasi (makanan lainnya) saat dimasak. Terbuat dari kayu/ bambu, bentuknya pipih-memanjang dan diberi pegangan pada bagian atasnya.

pallaharanna = tempat membuat lahara; peralatan membuat lahara. Dari kata lahara (jenis panganan orang Selayar).

Bersambung.... I Opu Bembeng Opu Ri Salu' dan Keturunannya (Seri Lontara' Salu' Selayar) Bagian 3 

Sebelumnya.... I Opu Bembeng Opu Ri Salu' dan Keturunannya (Seri Lontara' Salu' Selayar) Bagian 1 

Sumber: Lontara’ Salu’-Selayar - Pustaka Sawerigading